Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Desktop Mata Pelajaran Jaringan Komputer di Kelas X SMK
Keywords:
Media Pembelajaran, Desktop, R & DAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada materi jaringan komputer yang diharakan dapat membantu guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R & D). Dalam metode ini terdapat 5 tahapan yaitu : (1) Analisis (Analyze), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implement) dan (5) Evaluasi (Evaluate). Pada tahap testing ini atau tahap pengujian terdapat empat bentuk uji coba yaitu Developer test, Ahli Media, Ahli Meteri dan End User Test. Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil yang baik dan dari hasil tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa aplikasi media pembelajaran jaringan komputer sudah sesuai dengan tujuan penelitian dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.