Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website pada Mata Pelajaran Jaringan Komputer di Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon
Keywords:
Media Pembelajaran, Interaktif, Jaringan Komputer, Website, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website pada mata pelajaran Jaringan Komputer di kelas X SMK Negeri 1 Tomohon. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Media dikembangkan menggunakan Hostinger dan WordPress, serta diujikan melalui tahapan Developer Test, validasi oleh ahli media, ahli materi, dan End User Test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap materi jaringan komputer. Media ini memungkinkan akses pembelajaran kapan saja dan di mana saja melalui browser baik di perangkat laptop maupun smartphone.
References
Emor, T. T., Liando, O. E. S., & Modeong, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA Negeri 2 Tompaso. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 855-865.
Hahury, R. S. (2022). Analisis Pengaplikasian Teori Warna dan Penggunaan Siluet dalam Desain Karakter. Jurnal DKV Adiwarna, 1(121), 3-4.
Maulina, C. P., & Susilowibowo, J. (2024). Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Jurnal Penyesuaian Kelas XI Akutanasi di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6, 3786-3794.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.
Putra, K. P., Setialaksana, W., & Yususf, A. Z. (2024). Sinergi Pendidikan dan Praktik: Pengabdian dalam Standar Jaringan untuk Siswa SMK Negeri 5 Gowa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119-126.
Satibi, A., & Rudi, M. (2023). Inovasi pembelajaran kelautan dan perikanan melalui aplikasi android. Jurnal Taman Vokasi, 11(2), 205-217.
Shahzad, M. F., Xu, S., Lim, W. M., Yang, X., & Khan, Q. R. (2024). Artificial intelligence and social media on academic performance and mental well-being: Student perceptions of positive impact in the age of smart learning. Heliyon, 10(8).
Shaliha, I. R., & Doriza, S. (2024). Persepsi Mahasiswa Pengguna Website Teori Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 46-54.S













