Penerapan Strategi Komunikasi Eksternal dalam Meningkatkan Loyalitas Mitra CV. Artha Rasindo
Keywords:
komunikasi eksternal, kepercayaan mitra, strategi komunikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi eksternal yang diterapkan oleh CV. Artha Rasindo Palembang dalam meningkatkan kepercayaan mitra. Kepercayaan mitra merupakan faktor kunci dalam menjaga kelangsungan kerja sama bisnis, khususnya pada perusahaan distribusi produk makanan beku yang beroperasi di tengah persaingan ketat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap mitra perusahaan serta analisis dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk melihat pola strategi komunikasi eksternal yang dijalankan perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Artha Rasindo menekankan komunikasi personal melalui tenaga sales dan SMD (Sales Marketing Development) yang berperan sebagai ujung tombak penyampaian informasi produk, promosi, serta penanganan keluhan mitra secara langsung. Strategi ini dianggap efektif karena mitra merasa lebih dihargai melalui interaksi tatap muka, sehingga kepercayaan dan loyalitas dapat terbangun. Selain itu, perusahaan juga menjaga legalitas transaksi melalui faktur resmi dan kepatuhan pada pajak, serta melakukan klarifikasi langsung oleh manajemen ketika terjadi kendala. Upaya eksternal lain seperti sponsorship acara konser, demo masak, dan pemanfaatan media sosial brand Cedea turut mendukung penguatan citra perusahaan sekaligus memberikan keuntungan strategis bagi mitra dalam memasarkan produk.Dengan demikian, strategi komunikasi eksternal CV. Artha Rasindo tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi, tetapi juga sebagai instrumen strategis dalam membangun hubungan jangka panjang yang berlandaskan kepercayaan. Temuan ini sejalan dengan teori strategi 5P Mintzberg yang menekankan pentingnya perencanaan, pola konsistensi, manuver promosi, posisi kompetitif, serta perspektif jangka panjang dalam strategi bisnis.
References
Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran public relations dalam meningkatkan citra positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media, 4(2), 20-39.
Fitrianti, Y. E., Pinandito, A., Sartika, I., & Maghfiroh, E. (2022). Analisis Pengaruh Atribut Influencer pada Platform Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian. J-Ptiik.Ub.Ac.Id, 6(12), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/12042/5336
Gandariani, T. (2023). Pendekatan Komunikasi Internal dan Eksternal Public Relations: Analisis Strategis dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 7, 91–100. https://journal.unpak.ac.id/index.php/apik
Kinanti, K. P., & Hardiyanti, S. T. (2022). Strategi Komunikasi Humas Kpcpen Dalam Meningkatkan Kepercayaan Di Indonesia. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4388
Kusumasari, I. R., Akbar, G. F., Ramadhan, B. Z., & Arfian, Z. (2025). Strategi Ekspansi Mixue di Pasar Indonesia menggunakan Pendekatan Teoritis Simon dan Mintzberg. Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, 2(2), 10-10.
Miranti, N., Sampurna, R. H., & Purwanti, D. (2025, July). The Strategy Of Puspaga Samarada In Preventing Domestic Violence Against Adult Women In Sukabumi City. In Proceeding of International Conference on Digital, Social, and Science (Vol. 2, No. 1, pp. 74-85).
Nataniela, S., & Huwae, G. N. (2024). Strategi Public Relations Perusahaan X dalam Menangani Permasalahan Eksternal yang Terjadi di Media Sosial. Jurnal sosial dan sains, 4(5), 352-366.
Pujilestari, A., Yenrizal, Y., & Setiawan, M. A. (2025). Komunikasi Partisipatoris pada Program Aik Bakung Bupati Bangka Selatan di Desa Payung. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 1369-1377.
Rachman, Y. A., & Barmawi, B. (2019). Komunikasi organisasi dalam membangun citra positif perusahaan. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 101-113.
Sartika, S., & Rachmat, I. (2023). Strategi public relations dalam meningkatkan citra perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk. Jurnal sosial dan sains, 3(2), 199-215.