Analisis Pola Komunikasi terhadap Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin
Keywords:
Pola Komunikasi, Pelayanan Publik, Kualitas LayananAbstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pola Komunikasi terhadap Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin” dengan tujuan untuk mengetahui pola komunikasi serta menganalisis penerapan komunikasi dalam pelayanan publik. Rumusan masalah mencakup: (1) Bagaimana pola komunikasi dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin? dan (2) Bagaimana analisis komunikasi dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data didasarkan pada model Communication Persuasion Matrix yang menekankan lima komponen utama komunikasi: sumber, pesan, saluran, penerima, dan konteks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi pelayanan publik di Kantor Kecamatan Muara Sugihan telah terlaksana dengan efektif dan adaptif melalui tiga pola utama, yaitu komunikasi tatap muka, media digital, dan media luar ruang.
References
Anggraennie, A., Budianto, K., & Hati, P. C. (2025). Karakteristik Komunikasi Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Kepala Desa Tanjung Alai Kecamatan Kandis). Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 1136-1148.
DANI, D. R. (2024). KOMUNIKASI PUBLIK KEPALA DESA DALAM MENSOSIALISASIKAN VAKSINASI COVID-19 DI DESA KAMPUNG PAJAK KECAMATAN NA-IX-X KABUPATEN LABUHANBATU UTARA SUMATERA UTARA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
DeVito, J. A., & DeVito, J. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1(18), 521-532.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, kajian ilmiah mata kuliah umum, 21(1), 33-54.
Hartono, K. A., Riyanti, D., & Feriandi, Y. A. (2024). Tantangan dan hambatan pendidikan multikultural di sekolah dasar negeri. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(2), 243-251.
Is, M. S., SHI, M., Budianto, K., & SH, M. S. (2021). Hukum Administrasi Negara. Prenada Media.
Muhidin, R. (2020). Penamaan desa di kabupaten Banyuasin dalam persepsi toponimi terestrial. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 45-58.
Ningsih, F. (2023). lMPLEMENTASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KANTOR KEPALA DESA BARU SEMERAH KECAMATAN TANAH COGOK KABUPATEN KERINCI (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Salim, N. (2022). Kinerja Aparat Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Duampanua Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Suriati, S., Samsinar, S., & Rusnali, N. A. (2022). Pengantar ilmu komunikasi.
Utami, P. (2023). Transformasi Administrasi Publik: Inovasi Dan Adaptasi Menuju Efisiensi Dan Pelayanan Publik Berkualitas. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 6(2), 1-9.