Strategi Komunikasi Tim Sosialisasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang dalam Mensosialisasikan Kebersihan Lingkungan Air kepada Masyarakat (Studi pada Masyarakat Sungai Bayas 10 Ilir Kota Palembang)
Keywords:
Strategi Komunikasi, Hambatan Sosialisasi, Sungai BayasAbstract
Permasalahan kebersihan air di Kota Palembang, khususnya Sungai Bayas, masih serius karena berdampak pada kesehatan, ekosistem, dan banjir akibat sampah serta eceng gondok. Dinas PUPR Kota Palembang berperan melalui sosialisasi, namun efektivitasnya terkendala rendahnya partisipasi masyarakat, keterbatasan metode komunikasi, dan perilaku membuang sampah yang sulit diubah. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi tim sosialisasi Dinas PUPR serta hambatan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada tim sosialisasi dan masyarakat sekitar Sungai Bayas 10 Ilir. Analisis dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data dengan teori Elaboration Likelihood Theory (ELT). Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi dilakukan lewat tatap muka, media sosial, spanduk, penyuluhan, gotong royong, dan edukasi di sekolah, serta kolaborasi lintas lembaga. Hambatan utama adalah rendahnya kesadaran warga, keterbatasan sumber daya, dan kebiasaan membuang sampah. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi komunikasi pemerintah dalam menjaga kebersihan air dan pengendalian banjir di Palembang.
References
Alamsyah, A., & Sumarni, L. (2024). Kampanye Public Relations (Edukasi dan Kolaborasi) dalam Tingkat Kesadaran Masyarakat Akan Penggunaan Air Bersih:(Studi Deskriptif Kualitatif Pada Sobat Air Jakarta). Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(3), 331-345.
Ardhiani, O. (2023). SILENT CAMPAIGN MELALUI AKSI KAMISAN DALAM KOMUNITAS JARINGAN SOLIDARITAS KORBAN UNTUK KEADILAN (JSKK). Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 173-185.
Fulk, J., Rogers, E. M., & Von Glinow, M. A. (1988). Managing change through communication technologies in third world countries. Journal of Organizational Change Management, 1(2), 21-37.
Gobel, S. A. M., & Usman, I. (2025). Komunikasi Persuasif: Seni Mempengaruhi Tanpa Memaksa. Jurnal Pendidikan, Hukum, Komunikasi (J-DIKUMSI), 1(1), 36-47.
Kaddi, S. M., Lestari, P., & Adrian, D. (2020). Komunikasi keluarga dalam pencegahan coronavirus disease 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 63-74. Bellanandra, R. (2016). Proses Pengolahan Pesan Persuasi dan Efek Perubahan Sikap Pada Konsumen Ramayana Department Store Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY).
Kaddi, S. M., Yusaputra, M. I., & Melisa, A. P. (2022). DESAIN PESAN PERSUASIF YAYASAN ARSITEK KOMUNITAS INDONESIA PADA KORBAN BENCANA ALAM DI KOTA PALU. Kinesik, 9(3), 249-261.
Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish.
Syamsir, S., Salsabilla, D., Siska, S., Aftaviani, Y., & Erita, Z. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kota Padang Panjang: Tantangan dan Strategi Pengelolaan Sampah, Air Bersih, dan Ruang Terbuka Hijau. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(6), 5973-5987.
Zakir, A. M., Rumparam, A., Farida, A., & Murni, M. (2023). SOSIALISASI KEBERSIHAN AIR SUNGAI PADA MASYARAKAT SEKITAR KANAL VICTORY KOTA SORONG. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(6), 891-896.