Program CSR PT Pertamina EP dalam Mengatasi Sampah Over Capacity di Prabumulih
Keywords:
Corporate Social Responsibility, over capacity, pengelolaan sampah terpaduAbstract
Permasalahan over capacity pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kota Prabumulih menjadi isu lingkungan yang mendesak akibat meningkatnya timbulan sampah harian dan rendahnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina EP Prabumulih Field dalam mengatasi persoalan tersebut melalui tiga program utama, yaitu Pengelolaan Sampah Terpadu (PESAT), Program Plastik Daur Ulang (PAK DALANG), dan Program Sampah Jadi Berkah (SARAH). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CSR yang diterapkan mengedepankan pendekatan partisipatif dan pemberdayaan masyarakat, dengan mengintegrasikan prinsip zero waste dan teori stakeholder. Program PESAT berhasil menurunkan volume sampah yang masuk ke TPA hingga 30% di wilayah binaan, sementara PAK DALANG dan SARAH mendorong masyarakat untuk mengelola limbah plastik dan organik menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi dan ekologis. Ketiga program ini tidak hanya mengurangi beban lingkungan, tetapi juga meningkatkan literasi dan kemandirian masyarakat dalam pengelolaan sampah. Kesimpulannya, strategi CSR PT Pertamina EP Prabumulih terbukti efektif sebagai model kolaboratif dan berkelanjutan dalam pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang dapat direplikasi di wilayah lain dengan kondisi serupa.
References
Ahwary, I. (2023). Strategi Peningkatan Pertamina Ep Prabumulih Field dalam Mengimplementasikan Program Community Develompent Pertamina Ep Prabumulih Field Improvement Strategy In Implementing The Community Development Program. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 1(2), 102–106.
Dhifira, F. (2025). Efektivitas Pengelolaan Bank Sampah Inspirasi Madani di Pekanbaru. PAMARENDA: Public Administration and Government Journal, 5(1), 228–240.
Harymawan, I., Putra, F. K. G., Prabhawa, A. A., & Rahayu, N. K. (2022). Keberlanjutan, Ekonomi Sirkular, dan Pengukurannya-Perspektif Korporasi. Airlangga University Press.
Hastuti, L. P., Gaffar, S., Oktavia, D., & Lukman, K. M. (2024). Pengeloaan Sampah Organik untuk Mendukung Terwujudnya Desa Mandiri Sampah di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(2), 77–82.
Ismowati, M., Badaruddin, S., & Yahya, A. (2024). Kebijakan CSR: Membangun Masyarakat Berkelanjutan. Zahr Publishing.
Ningrum, F. K. (2024). Collaborative Governance Process Pada Program Desa Mandiri Sampah Di Desa Keling Kabupaten Jepara. Journal of Politic and Government Studies, 13(4), 100–124.
Pramono, J., & Kinasih, W. (2019). Sinergitas antar stakeholder dalam penyelengaraan kamtibmas di Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Research Fair Unisri, 3(1).
Putra, A. S. B. (2024). Inovasi Dalam Produksi dan Pemasaran Kerajinan Dari Material Daur Ulang. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 2109–2116.
Rahmawati, L. D., Puspaningtyas, A., & Wahyudi, E. (2025). Sinergitas Stakeholder dalam Pengelolaan Limbah Industri untuk Mewujudkan Lingkungan Berkelanjutan di Kabupaten Sidoarjo. Public Sphere Review, 27–49.
Rapii, M., Majdi, M. Z., Zain, R., & Aini, Q. (2021). Pengelolaan Sampah Secara Terpadu Berbasis Lingkungan Masyarakat Di Desa Rumbuk. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 13–22.
Restu, E. E., & Triyono, A. (2025). Motif Oversharing sebagai Bentuk Self-disclosure pada Second Account Instagram di Kalangan Generasi Z. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(4), 1236–1242.
Salma, N. A., Purnama, P. H., & Fujianti, S. N. (2025). Efektivitas komunikasi digital dalam meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan UMKM sektor kuliner. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 11(1), 328–344.
Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). myria publisher.
Widyaningsih, N. (2018). Model Penerapan Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) Melalui Bank Sampah Untuk Mengurangi Sampah Kota Dan Meningkatkan Pendapatan Keluarga Miskin. Forum Ilmiah, 15(3), 521–532.
Yamin, H. A., Kuswanda, D., & Suradi, S. (2024). Implementasi Triple Bottom Line Dalam Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Pt. Accor Asia Pacific (Aapc) Indonesia Di Yayasan Peduli Tunas Bangsa Jakarta. Praktik Pekerjaan Sosial Dengan Kelompok Dan Komunitas, 2(1).














