Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru
Keywords:
Pengunaan Media Pembelajaran, Motivasi, Motivasi Hasil Belajar SiswaAbstract
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena pendidikan bisa mempengaruhi kualitas hidup. Apalagi saat ini perkembangan teknologi bertumbuh dengan begitu cepat, sehingga memaksa kita semua harus bisa mengikuti perkembangan zaman jika tidak ingin menjadi orang yang tertinggal.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode survey eksplanatory. Metode survei digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah, namun peneliti tetap melakukan perlakuan dalam pengumpulan data misalnya, menyebarkan kuesioner atau angket metode penelitian yang digunakan adalah obeservasi, dokumentasi, kuesioner. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekripsif presentase. Hasil Penelitian Terdapat hubungan yang signifikansi (Sig) antara variabel Penggunaan Media Pembelajaran (X1) dengan nilai Sig. 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 atau hipotesis pertama di terima. Sedangkan untuk variabel Motivasi Belajar (X2) dengan nilai Sig. 0,204 > probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H2 atau hipotesis kedua di tolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel Motivasi dengan hasil belajar (Y).berdasarkan nilai F hitung yaitu sebesar 128. Sedangkan nilai signifikansi yang dihasilkan yaitu 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model regresi berganda ini layak digunakan, dan variabel independen yang meliputi Penggunaan Media Pembalajaran dan Motivasi memiliki Hubungan secara simultan dengan variabel dependen Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kepulauan Aru.
References
Alfitry, S., Pd, M., NURHADI, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Guepedia.
Djamarah, Syaiful Bahri Dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Efendi, M. (2013). Lingkungan sebagai media pembelajaran. Geography South Kalimantan, 3(1), 1-7.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), 2175-2182.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), 2175-2182.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.
Pardomuan, G. N., Ristua, Y., & Kom, S. I. (2023). Buku ajar media pembelajaran tepat guna. Cipta media nusantara.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.
Supendi, C. (2022). Motivasi kinerja guru berbasis Al-Quran (analisis manajemen konflik). CV Jejak (Jejak Publisher).
Wahidin, U. (2017). Interaksi komunikasi berbasis media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.
Wotulo, J. J., Manggopa, H. K., & Kaparang, D. R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMK N 1 Bitung. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 783-792.














