Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Siswa Kelas X TKJT SMK Negeri 3 Tondano

Authors

  • Gideon Putra Susilo Universitas Negeri Manado Author
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Universitas Negeri Manado Author
  • Hiskia K. Manggopa Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model pembelajaran Project-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi kelas X TJKT di SMK Negeri 3 Tondano. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar melalui kegiatan reflektif dan berkelanjutan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, yang disusun berdasarkan indikator materi crimping kabel LAN. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukan oleh peningkatan nilai rata-rata dari pre-test ke post-test. Selain itu, terdapat peningkatan keterampilan siswa dalam menyelesaikan proyek crimping kabel LAN. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project-Based Learning efektif digunakan dalam pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Oleh karena itu, model ini disarankan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan di SMK, khususnya dalam materi praktik Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

References

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The clearing house, 83(2), 39-43.

Dimyati, D. (2003). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta. Gordon Dryden & Jeannette Vos.

Gagné, R. M. (1977). The Conditions of Learning (3rd ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hopkins, D. (2014). A teacher's guide to classroom research. McGraw-Hill Education (UK).

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.

Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning. Ascd.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi pembelajaran project based learning (PJBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.

Oppusunggu, H. B. M., & Hasibuan, M. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X-MPLB 4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 139-146.

Pradana Putra, F., & Toni, T. (2025). Penalaran Aljabar Memecahkan Masalah Matematika.

Romeli, A., Kholis, N., & Riadi, A. (2023). SIGNIFIKANSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPN 8 TENGGARONG. AZKIYA: Jurnal Ilmiah Pengkajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 42-50.

Sadiman, A. S. (2008). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., H. A., & Rahardjito. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, M. (1981). Pengantar Psikologi Pendidikan (hal. 32)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-10-01