Hubungan Literasi Digital dan Minat dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tompaso Baru

Authors

  • Marcelino M. A Runtuwene Universitas Negeri Manado Author
  • Olivia Eunike Selvie Liando Universitas Negeri Manado Author
  • Johan Reimon Batmetan Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Hasil belajar, Minat , Literasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dan minat belajar dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Tompaso Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Tompaso Baru. Sampel penelitian berjumlah 75 siswa yang diambil dari tiga kelas, yaitu XA, XB, dan XC, dengan teknik sampling yang dianggap mampu mewakili populasi. Instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner yang disusun untuk mengukur literasi digital dan minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara literasi digital dan minat belajar dengan hasil belajar siswa. Dengan demikian, peningkatan literasi digital dan minat belajar berkontribusi positif terhadap pencapaian hasil belajar di SMK Negeri 1 Tompaso Baru.

References

Chikmah, A. N. (2019). Pengaruh lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTsN 8 Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Christian, J., Sumual, H., & Rianto, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar TJKT Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Lolak. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 528-541.

Heri, T. (2019). Meningkatkan motivasi minat belajar siswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).

Hutami, W. F. (2024). Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Public Relations Mercu Buana, Query date, 21, 23.

Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-9.

PRATAMA, P. R. (2024). Objek evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam analisis taksonomi Bloom (kognitif, afektif, psikomotorik). EDU GLOBAL Учредители: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, 5(1), 18-26.

Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh media video pembelajaran terhadap literasi digital, minat baca dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446-455.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal region, 1(3), 1-19.

Tangkulung, M. E., Angmalisang, H., Manggopa, H. K., & Rompas, P. T. D. (2025). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR SMK Negeri 1 Ratahan. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 694-701.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9.

Downloads

Published

2025-10-01