Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 7 Manado
Keywords:
Prestasi Belajar, TIK, Media Pembelajaran InteraktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penggunaan media pembelajaran interaktif serta kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 7 Manado. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan regresi dan ex post facto. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Manado, sedangkan sampel yang dipilih terdiri dari 30 siswa pada masing-masing kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen berupa angket atau kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert untuk mengukur variabel yang diteliti. Penggunaan media pembelajaran interaktif diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, efektif, serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep siswa secara lebih mendalam. Sementara itu, kemampuan berpikir kritis dipandang sebagai salah satu keterampilan penting yang dapat mendorong siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mengaplikasikan pengetahuan secara tepat sehingga berimplikasi pada peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan baik dari penggunaan media pembelajaran interaktif maupun kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan strategi pembelajaran berbasis teknologi dan penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menengah.
References
Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dewi, N. G. M. L. (2013). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas x sma lab singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 3(1).
Hakeu, F., Pakaya, I. I., & Tangkudung, M. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis gamifikasi dalam proses pembelajaran di mis terpadu al-azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 154-166.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi microsoft power point sebagai media pembelajaran pada guru sd negeri 050763 gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34-41.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.
Nurpiani, R., Anggraeni, S. R., & Farhurohman, O. (2024). Penggunaan media canva untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1172-1180.
Puling, H., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan Berpikir Kritis: Hubungan dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2(2), 164-173.
Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 12-24.
Raihan, M. D. MENANAMKAN BERPIKIR KRITIS UNTUK KEHIDUPAN BERBANGSA MELALUI STORY TELLING DENGAN ALAT BERPIKIR DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar, 100.Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120-132.
SAIN, M. (2020). PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Tangkilisan, H. R., Djamen, A. C., & Komansilan, T. (2023). Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif Prakarya TIK Berbasis Mobile untuk Siswa Kelas VI di SD Katolik St. Theresia Malalayang. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(6), 886-899.
Wibowo, A. (2024). Kemampuan berpikir kritis. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-473.
Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48.
Yulianah, S. E. (2022). Metodelogi Penelitian Sosial. CV Rey Media Grafika.