Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Komputer SMK Negeri 1 Pulau Taliabu

Authors

  • Katarina Ayu Ngamel Universitas Negeri Manado Author
  • Mario Tulenan Parinsi Universitas Negeri Manado Author
  • Olivia Eunike Selvie Liando Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Project Based Learning, Jaringan Komputer, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran jaringan komputer bagi siswa SMK Negeri 1 Pulau Taliabu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) Model Lewin Menurut Elliot yang secara umum memiliki tahapan dalam penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Pulau Taliabu sebanyak 25 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini. untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dapat dibuktikan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 24% dari hasil pra tindakan. Dan pada siklus II meningkat menjadi 100% sehingga dapat mencapai ketuntasan minimal, untuk itu pada siklus II dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berhasil. Hasil siklus pertama, penyajian hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar 19/25 x 100 = 76%. Penyajian hasil belajar siswa yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar 6/15 x 100 = 24%.

References

Ardiawan, I. K. N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). Kupas tuntas penelitian tindakan kelas (teori, praktik, dan publikasinya). Nilacakra.

Bangun, V. R. S. B., Batmetan, J. R., & Manoppo, C. T. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Algoritma dan Pemrograman Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(5), 673-685.

Djamen, A. C., Mewengkang, A., & Bitty, C. (2024). Analisis dan Perancangan Presensi Guru Berbasis Android di SMK Negeri 1 Bitung. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(5), 536-547.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 172.

Hamzah, H. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Edukatif. CV. AZKA PUSTAKA.

Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV. Azka Pustaka.

Mananggel, A. V., Mewengkang, A., & Djamen, A. C. (2021). Perancangan jaringan komputer di SMK menggunakan cisco packet tracer. Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun, 1(2), 119-131.

Mulyadi, E. (2015). Penerapan model project based learning untuk meningkatan kinerja dan prestasi belajar Fisika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY, 22(4), 385-395.

Sulistiyani, B. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 422-428).

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Cetaan Kedelapan. Jakarta: Pranada Media Grup

Downloads

Published

2025-10-01