Hubungan antara Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon

Authors

  • Renaldo B. Ratu Universitas Negeri Manado Author
  • Indra Rianto Universitas Negeri Manado Author
  • Merriam L. Modeong Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. data yang dikumpulkan mengunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 50 siswa. Data yang diperoleh selanjutnya, diolah dan dianalisis dengan mengunakan teknik presentase dan kolerasi product moment. Pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 50 orang siswa-siswa kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon ada 24 siswa atau 48 % menilai tingkat penggunaan media pembelajaran yang tinggi disekolah, 34 siswa atau 68 % memiliki motivasi belajar yang tinggi, dan 9 siswa atau 18% siswa memiliki prestasi belajar siswa yang tinggi. sehingga ditemukan R hitung sebesar 0,913 dengan nilai siginifikan Thitung pada X1 dengan Y sebesar 1,874 > 1,677 dan X2 dengan Y sebesar 1,931 > 1,677, dan dapat disimpulkan bahwa hubungan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon memiliki hubungan positif dan signifikan.

References

Arum, D. S., & Hanif, M. M. (2025). Strategi pembelajaran dalam penguatan motivasi untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 3(1), 37-47.

Darniyanti, Y., & Saputra, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sdn 04 Sitiung. Consilium: Education And Counseling Journal, 1(2), 193-205.

Hastuti, R., Rahman, U., & Muchlisah, M. (2019). Pengaruh regulasi diri (self regulation) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi pada peserta didik kelas XI MIA MAN 1 bulukumba. Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 42-52.

Hisage, A., Togas, P. V., & Liando, O. E. S. (2025). Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas XI SMK YSO Ninabua Wamena. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 960-967.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2018). Pembaharuan pembelajaran di sekolah dasar. CV. Ae Media Grafika.

Misbah, S. (2022). Penerapan metode umpan balik (feed back partner) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia materi struktur dan kebahasaan teks anekdot kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 143-154.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Pabara, A. R., Sumual, H., & Togas, P. V. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Tompaso. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 1056-1064.

Syifaurrahmah, S., Fiqriani, M., Karoma, K., & Idi, A. (2025). Strategi Mengajar yang Efektif dan Peran Guru Sebagai Kunci Pembelajaran Bermakna. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 244-254.

Downloads

Published

2025-10-05