Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar di SMK Negeri 5 Talaud
Keywords:
Prestasi Belajar, Informatika, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 5 Talaud. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian regresional dengan metode ex post facto melalui pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMK Negeri 5 Talaud, sedangkan sampel ditetapkan sebanyak 30 siswa dari setiap kelas melalui teknik pengambilan yang representatif. Instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner yang disusun menggunakan skala Likert sebagai alternatif jawaban untuk mengukur variabel motivasi belajar serta respon terhadap penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar, khususnya pada mata pelajaran Informatika. Selain itu, motivasi belajar siswa juga terbukti berperan penting dalam mendorong capaian akademik yang lebih baik. Secara simultan, model PBL dan motivasi belajar memberikan kontribusi yang saling melengkapi dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran inovatif dan motivasi internal siswa merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 5 Talaud.
References
Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Tedi Purbangkara, S. P., & Ade Abikusna, M. P. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. uwais inspirasi indonesia.
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171-2180.
Christian, J., Sumual, H., & Rianto, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar TJKT Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Lolak. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 528-541.
Ena, Z., & Djami, S. H. (2021). Peranan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap minat personel bhabinkamtibmas polres kupang kota. Among Makarti, 13(2), 357233.
Farida, N. (2022). Fungsi dan aplikasi motivasi dalam pembelajaran. Education and Learning Journal, 2(2), 118-125.
Maman, M. (2018). Sikap cara belajar dan prestasi belajar. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 49-58.
Naway, F. A. (2016). Strategi pengelolaan pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3), 1-9.
Simbolon, B. S. Y., & Naibaho, D. (2024). Merencanakan strategi dan metode dalam pembelajaran. Jurnal Magistra, 2(1), 39-48.
Sobri, M. (2020). Kontribusi kemandirian dan kedisiplinan terhadap hasil belajar. Guepedia.