Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Katolik Aquino Amurang

Authors

  • Putri Juliet Soselisa Universitas Negeri Manado Author
  • Verry Ronny Palilingan Universitas Negeri Manado Author
  • Arje Cerullo Djamen Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Informatika, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Rendahnya hasil belajar Informatika siswa kelas X SMA Katolik Aquino Amurang, yang disebabkan oleh partisipasi aktif siswa yang rendah dan metode pembelajaran kurang menarik, melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Informatika siswa kelas X di sekolah tersebut melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa secara signifikan: dari 33,33% pada pra-siklus, meningkat menjadi 44,44% pada Siklus I, dan mencapai 81,48% pada Siklus II. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar Informatika siswa.

Downloads

Published

2025-07-31