Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMK Negeri 3 Tondano
Keywords:
kemampuan awal, motivasi belajar, hasil belajar, informatika, SMKAbstract
Pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran strategis dalam menyiapkan siswa menghadapi dunia kerja. Namun, kualitas hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Informatika, masih menghadapi tantangan serius yang dipengaruhi oleh kemampuan awal dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan awal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan desain ex post facto. Populasi penelitian terdiri dari 33 siswa kelas X yang seluruhnya dijadikan sampel. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa, (2) motivasi belajar juga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, dan (3) kemampuan awal dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Pembahasan menunjukkan bahwa pemahaman awal yang baik membantu siswa mengakses materi baru secara lebih efektif, sementara motivasi belajar mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, penguatan kemampuan awal dan peningkatan motivasi belajar merupakan kunci strategis dalam upaya peningkatan kualitas hasil belajar Informatika. Rekomendasi penelitian ini mengarah pada perlunya perencanaan pembelajaran yang mempertimbangkan diagnosis awal siswa serta strategi peningkatan motivasi melalui pendekatan pembelajaran yang menarik dan mendukung.
References
Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Fauzah, N. N., & Raharja, R. M. (2024). Peran pendidikan sebagai pondasi utama dalam menyikapi dekadensi moral pada generasi z. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 14-24.
Anggraini, V. D., Mukhadis, A., & Muladi, M. (2013). Problem based learning, motivasi belajar, kemampuan awal, dan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2), 107342.
Aprilia, P. (2024). Cara Penanganan Siswa Berkemampuan di Atas Rata-Rata Sedang dan Rendah. Journal of Knowledge and Collaboration, 1(7), 311-323.
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi belajar: Kunci pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1-15.
Kaunang, S. S. M., Rompas, P. T. D., & Daud, M. (2025). Pengaruh Artificial Intelligence (ChatGPT) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMP Katolik Don Bosco Bitung. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 673-686.
Kesek, A. I., Daud, M., Olii, D., & Rompas, P. T. D. (2025). Pengaruh Persepsi tentang Video Tutorial dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Berdasarkan Persepsi Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Talaud. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 687-693.
Liando, O. E., Kapahang, M. R., & Batmetan, J. R. (2022). Cloud Security Adoption Factors in Educational Institutions. International Journal of Information Technology and Education, 1(3), 117-123.
Mayer, R. E. (Ed.). (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge university press.
Parinsi, M. T., Ratumbuisang, Y. F., Ratumbuisang, K. F., & Mutohhari, F. (2024). Green Technology Usage Behaviour in Vocational Education: The Mediating Roles of Perceived Long-Term Benefits. Journal of Education Technology, 8(2), 315-325.
Purwanti, E., Wardono, W., & Wigati, E. (2020). Analisis kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran contextual teaching and learning. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (pp. 78-87).
Rofiuddin, A. N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas Setingkat. Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 3(1), 110-127.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2024). Self-determination theory. In Encyclopedia of quality of life and well-being research (pp. 6229-6235). Cham: Springer International Publishing.
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan adalah faktor penentu daya saing bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 84-90).
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology. McGraw-Hill Education.
Sunarsih, S., Judijanto, L., Haryono, P., Suwandi, W., Aktar, S., & Rusli, R. (2025). Psikologi Pendidikan: Teori dan Penerapan pada Praktik Pengajaran. PT. Green Pustaka Indonesia.
Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2000). Expectancy–value theory of achievement motivation. Contemporary educational psychology, 25(1), 68-81.