Strategi Komunikasi Pemasaran Digital melalui Instagram dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus Three Crowns Patisserie & Bistro Palembang

Authors

  • Tarisa Novia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Author
  • Komaruddin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Author
  • Badarudin Azarkasyi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Author

Keywords:

Komunikasi digital, Pemasaran Instagram, Loyalitas Pelanggan, Strategi Media Sosial, Three Crowns Palembang

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong perusahaan memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, sebagai kanal utama pemasaran dan interaksi dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital Three Crowns Patisserie & Bistro Palembang melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi aktivitas Instagram, wawancara manajemen, dan dokumentasi konten. Hasil menunjukkan bahwa Three Crowns menerapkan unggahan terjadwal, pemanfaatan momentum musiman, kolaborasi dengan influencer, penyajian konten kreatif-interaktif, serta evaluasi berbasis data pelanggan. Strategi ini terbukti meningkatkan engagement, kepercayaan, dan loyalitas konsumen melalui pembelian ulang dan promosi dari mulut ke mulut. Kesimpulannya, komunikasi digital berbasis Instagram efektif sebagai media promosi sekaligus pengelolaan hubungan pelanggan, dan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha kuliner dalam menghadapi persaingan industri yang semakin ketat.

References

Al Aziz, I., & Saleh, A. (2025). Optimalisasi Strategi Digital Marketing di PT. WMS Sebagai Main Dealer Otomotif. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(4), 832–842.

Berliany, S. indah. (2024). PENTINGNYA KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN: TINJAUAN KONSEPTUAL. Jurnal Riset Mahasiswa, 6(2), 120–132.

Chalik, D., Mulana, H. F., & Fida, W. N. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Umbati Coffee Di Media Sosial Instagram Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen. Jurnal Audiens, 5(2), 290–301.

Diandra, D., Wijanarko, A. A., Moerales, H. A., & Satoto, A. A. (2024). Memahami Definisi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Teori dan Praktek: Understanding the Definition of Digital Marketing Communication in Theory and Practice. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 6(1), 34–43.

Estaswara, H. (2018). Tiga Dekade Perkembangan Integrated Marketing Communications (IMC): Sebuah Literatur Review. Gunahumas, 1(2), 199–213.

Felix, A., Cerlysia, C., De Sheng, L., Hendra, M., Tjalani, R., & Colin, V. (2023). Strategi komunikasi pemasaran digital: Mengoptimalkan uniqueness untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Jurnal Common, 7(2), 164–175.

IndoTelko. (2025). 86% masyarakat belanja via media sosial.

Katadata. (2025). Konsumen Habiskan Rp 212 Triliun untuk Beli Makanan dan Minuman via Aplikasi. Katadata. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/67c889620c979/konsumen-habiskan-rp-212-triliun-untuk-beli-makanan-dan-minuman-via-aplikasi?utm_source=chatgpt.com

Nabila, A. S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Online Shop Xavia Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Universitas Islam Indonesia.

Shalihah, A. A., Juwita, R., & Hetami, A. A. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Pada Kopiria. Ejournal Ilmu Komunikasi, 27–41.

Sholehatun, nasiha. (2010). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS) DALAM MENGOKOHKAN BRAND DAGADU DJOKDJA.

Srisusilawati, P., Burhanudin, J., Trenggana, A. F. M., Anto, M. A., Kusuma, G. P. E., Rahmasari, L. F., Ariyani, N., Hadi, P., Manggabarani, A. S., & Lestari, F. P. (2023). Loyalitas Pelanggan. Penerbit Widina.

Sulianta, F. (2025). Dasar dan Konsep Customer Relationship Management. Feri Sulianta.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.

Wardhana, A. (2024). KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) (pp. 1–52).

We Are Social. (2025). Digital 2025 Global Overview Report. We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/

Downloads

Published

2025-10-15