Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Kakas
Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Informatika, ADDIE, Mobile LearningAbstract
Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama di era revolusi industri 4.0 yang menuntut pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek, termasuk pembelajaran. Hasil pengamatan di SMA Negeri 1 Kakas menunjukkan bahwa pembelajaran Informatika masih menggunakan media sederhana seperti laptop, LCD, dan power point, yang dirasa kurang menarik dan interaktif bagi peserta didik. Sementara itu, mayoritas siswa sudah terbiasa menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media dan materi dengan kategori “sangat baik”. Uji coba di kelas juga memperlihatkan adanya peningkatan motivasi belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis mobile dapat menjadi solusi inovatif untuk mendukung pembelajaran Informatika yang lebih menarik, fleksibel, dan efektif.
References
Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Astuti, M., Suryana, I., Anggraini, N., Fitri, A., Fajar, M., & Astuti, P. W. (2024). Media Pembelajaran Sebagai Pusat Sumber Belajar. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 702-709.
Rahadi, D. R. (2017). Perilaku pengguna dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58-70.
Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118-123.
Sumarni, E., Daud, M., & Manggopa, H. K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terintegrasi Google Workspace for Educations Terhadap Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMKN 1 Modayag Barat. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(6), 608-613.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Wahidin, W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 285-295.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Wowor, C. E. P., Rianto, I., & Kaparang, D. R. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Informatika di SMA Berbasis Video Interaktif. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 542-554.














