Strategi Komunikasi Interpersonal dalam Mengelola Konflik pada Tim Pemasaran (Studi Kasus Toyota Tag Palembang)

Authors

  • Amelia Sisma Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Author
  • Ahmad Muhaimin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Author
  • Badarudin Azarkasyi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Author

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Manajemen Konflik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan Fenomena konflik yang terjadi di divisi pemasaran Toyota TAG Palembang, faktor utama yang mempengaruhi dinamika di dalam tim adalah perbedaan usia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan dalam mengelola konflik dan dampak konflik terhadap kinerja dan produktivitas di tim pemasaran Toyota Tag Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan data yang bersuember langsung dari informan yaitu divisi marketing Toyota Tag Palembang, dan dianalisis dengan Teori manajemen konflik interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toyota TAG Palembang berhasil mengelola konflik tim pemasaran melalui strategi komunikasi interpersonal yang efektif, meliputi kerja sama tim, kerugian, dominasi terarah, dan kompromi. Strategi tersebut membangun solidaritas, keterbukaan, dan solusi bersama tanpa menimbulkan ketegangan. Konflik yang dikelola dengan baik justru mendorong inovasi dan kreativitas, sedangkan konflik yang berlarut menurunkan semangat, komunikasi, dan produktivitas tim. Dampak konflik pada tim pemasaran Toyota TAG Palembang yaitu dampak positif, konflik mendorong munculnya ide baru, perbaikan pola kerja, dan peningkatan kreativitas, sedangkan dampak negatif, konflik yang berlarut menurunkan semangat kerja, menghambat komunikasi, dan menurunkan produktivitas tim.

References

Ayuri, J. (2018). Komunikasi interpersonal dalam meningkatkan keharmonisan lintas suku di Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Bantam, D. J., Febryanto, R. D., Bilnadzari, Y., & Wijaya, A. (2024). Strategi Dalam Meningkatkan Kerjasama Tim Di Lingkungan Perusahaan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Keilmuan Mandira Cendikia, 2(9), 66-71.

Fajri, M. K., & Nurdin, A. (2015). Sosiologi konflik dan rekonsiliasi.

Nalle, F. W. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(3), 35-45.

Putri, A. J. L., Akhyar, T., & Ningsih, C. P. A. (2025). Pola Komunikasi Interpersonal dalam Mencegah Konflik Antar Etnis di Desa Teluk Payo Kecamatan Banyuasin II. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 1345-1351.

Rahim, A., & Bonoma, T. V. (1979). Managing organizational conflict: A model for diagnosis and intervention. Psychological reports, 44(3_suppl), 1323-1344.

Rahma, M. A., & Lestari, S. B. (2020). Manajemen konflik organisasi untuk menjaga komitmen dalam Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro. Interaksi Online, 8(1), 202-232.

Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180.

Sirajudin, S. S., Markarma, A., & Nur, M. D. M. (2024). Studi Kasus tentang Mengelola Konflik di Tempat Kerja dengan Pendekatan Manajemen yang Efektif. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 452-456.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Wardana, A. K., Aulia, M. F. R., & Suharyat, Y. (2024). Manajemen Konflik. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 95-102.

Downloads

Published

2025-10-15