Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas XI SMK YSO Ninabua Wamena

Authors

  • Ardius Hisage Universitas Negeri Manado Author
  • Peggy Veronica Togas Universitas Negeri Manado Author
  • Olivia Eunike Selvie Liando Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Kemandirian, Motivasi Dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan motivasi belajar terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas XI SMK YSO Ninabua WamenaJenis Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode studi deskriptif. Yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Kemandirian belajar siswa berpengaruh besar terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Produktif TKJ Siswa Kelas XI Program TKJ siswa dengan indeks korelasi 0,871. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya setiap siswa memiliki kemandirian belajar dalam kegiatan belajar mengajar belajar Perakitan Komputer di SMK YSO Ninabua Wamena. (2) Motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang sangat positif dalam kegiatan belajar mengajar yang akan berdamapak pada hasil belajar Mata Pelajaran Produktif TKJ Siswa Kelas XI Program TKJ yang tinggi di SMK YSO Ninabua Wamena khususnya pada Mata Pelajaran Produktif TKJ karena pada penelitian ini indeks korelasi dari motivasi   belajar adalah 0,682. (3) Kemandirian dan motivasi belajar sangat berpengaruh demi peningkatan hasil belajar Mata Pelajaran Produktif TKJ Siswa Kelas XI Program TKJ di SMK YSO Ninabua Wamena. Hal ini dapat dibuktikan bahwa melalui pengujian hipotesis dapat diterima. Melalui analisis dan pengujian secara keseluruhan maka diperoleh rhitung  sebesar 0,894 lebih besar dari rtabel 0,266 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara Kemandirian belajar dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK YSO Ninabua Wamena.

Downloads

Published

2025-07-31