Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Tompaso

Authors

  • Arauna Rangan Pabara Universitas Negeri Manado Author
  • Herry Sumual Universitas Negeri Manado Author
  • Peggy Veronica Togas Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar

Abstract

Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tompaso dipengaruhi oleh penggunaan sumber belajar interaktif dan kemampuan berpikir kritis merupakan tujuan dari penelitian ini. Studi ini diklasifikasikan sebagai studi kuantitatif ex post facto dan studi regresi. Penelitian regresi bertujuan mengidentifikasi hubungan antar variabel. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Dengan indeks korelasi sebesar 0,825, terdapat hubungan yang kuat antara pemanfaatan media pembelajaran interaktif oleh siswa dan hasil belajar mereka dalam perakitan komputer. Ini menunjukkan betapa pentingnya agar semua siswa memiliki akses ke bahan pembelajaran interaktif untuk kegiatan pengajaran dan pembelajaran Rakit Komputer di SMP Negeri 1 Tompaso. (2) Penggunaan media pembelajaran interaktif memiliki korelasi positif yang kuat (0,561) dengan keterampilan berpikir kritis siswa, yang berdampak pada hasil belajar yang tinggi dalam mata pelajaran perakitan komputer di SMP Negeri 1 Tompaso. (3) Peningkatan hasil belajar informatika siswa di SMP Negeri 1 Tompaso sangat terkait dengan penggunaan bahan ajar interaktif dan kemampuan berpikir kritis. Melalui pengujian hipotesis, dapat dibuktikan bahwa hal ini dapat diterima. Penggunaan media pembelajaran interaktif dan keterampilan berpikir kritis memiliki hubungan substansial sebesar 68,1%(nilai r2) dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tompaso.

Downloads

Published

2025-07-31