Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Kristen Tombatu
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Leraning , Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa kelas X di SMK Kristen Tombatu setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang difokuskan pada upaya perbaikan proses pembelajaran agar menjadi lebih efektif, efisien, inovatif, dan kreatif dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Model PBL diterapkan untuk mengidentifikasi sejauh mana peningkatan capaian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, disesuaikan dengan permasalahan yang ditemukan di tiap tahap. Apabila pada siklus pertama masih terdapat kekurangan, maka siklus kedua diarahkan untuk memperbaikinya. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 28% dengan rata-rata nilai 65,3. Namun, pada siklus II, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 83% dengan rata-rata nilai 79,4. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.
References
Afi Parnawi, (2019). Psikologi Belajar, Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Akrim, S. P. I., & PD, M. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran (Vol. 1). umsu press.
Batubara, H. N. (2022). Penggunaan model pembelajaran science, environment, technology, and society (SETS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan manusia di Kelas V SDN 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Guepedia.
Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo. Achmad Rifa’I Dan Chatarina Tri Anni. 2009, Psikol.
Khakim, N., Santi, N. M., US, A. B., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358.
Khoiri, Q., & Nopitasari, M. (2024). Pengelolaan interaksi belajar-mengajar. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(2), 199-205.
Rosnawati, S. P. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Adab.
Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78-95.
Suginem, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32-36.
Sugiyono, M. (2008). Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Windasari, R., Harjono, A., & Astria, F. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1144-1151.
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17-24.














