Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Sri Wahyu Widiati Makalunsenge Author
  • Verry Ronny Palilingan Universitas Negeri Manado Author
  • Johan R. Batmetan Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Pembelajaran berbasis project, Hasil Belajar, Desain Komunikasi Visual, Model Pembelajaran SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual pada siswa kelas X DKV di SMK Negeri 1 Tondano. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif serta ketidaksesuaian metode pembelajaran dengan materi ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Project-Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kedua kelas. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 85,12 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 80,92. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,013 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Project-Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran Desain Komunikasi Visual.

References

Adawiyah, D. S. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Desain Brief Kelas XI DKV Di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(9).

Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Hanim, N., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) berbasis stem terhadap keterampilan proses sains siswa fisika. Prosiding Amal Insani Foundation, 1, 152-157.

Judijanto, L., Patalatu, J. S., Haryono, P., Warikar, A., Sauri, M. S., Septikasari, D., ... & Kalip, K. (2025). Pendidikan Dasar: Metode Pengajaran Kreatif. PT. Green Pustaka Indonesia.

Mustofa, K., Wijaya, I., & Radyuli, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika Kelas X Perhotelan SMK Negeri 9 Padang Tahun Ajaran 2023/2024. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(4), 23-31.

Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42-50.

Nuryakin, M. P. (2025). Model Pembelajaran Discovery Learning dan Penerapannya. TATA AKBAR.

Rachmad, Y. E., Wardani, K. K., Andhini, G. K., & Basiroen, V. J. (2024). Buku Ajar Manajemen Desain Komunikasi Visual (DKV). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sorongan, I. R., Kilis, B. M. H., & Waworuntu, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK 2 Manado. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(3), 345-355.

Sutrisno, A. B., & Syukur, S. W. (2023). Desain Pedagogis Pembajaran Project Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Seni STEAM. Jurnal Pelita, 3(2), 130-143.

Wotulo, J. J., Manggopa, H. K., & Kaparang, D. R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMK N 1 Bitung. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 783-792.

Downloads

Published

2025-10-01