Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Proses Produksi Desain Kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Tumpaan
Keywords:
multimedia pembelajaran interaktif, articulate storyline 3, design thinking, efisiensi, dkvAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif untuk pada mata pelajaran Proses Produksi Desain Kelas (DKV) XI Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 1 Tumpaan. Masalah utama yang dihadapi yaitu siswa kesulitan memahami materi karena keterbatasan media pembelajaran serta perbedaan kemampuan penyerapan materi yang terbatas. Multimedia yang dikembangkan dirancang menggunakan Articulate Storyline 3 sebagai sumber belajar secara mandiri dan fleksibel. Metode penelitian Design thinking mencakup empathize, define, ideate, prototype, dan test untuk menguji kelayakan media. Hasil menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase keseluruhan 90,32%. Kesimpulannya, multimedia pembelajaran interaktif menarik bagi peserta didik untuk digunakan sebagai media ajar di sekolah dan membuat materi tersampaikan dengan baik, mudah diakses, dan meningkatkan efisiensi pembelajaran.
References
Emor, T. T., Liando, O. E. S., & Modeong, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA Negeri 2 Tompaso. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 855-865.
Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.
Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.
Kasri, M. A., Novan, Y., & Ramadhani, I. A. (2021). Penerapan model Design Thinking pada Pengembangan media pembelajaran berbasis macro media flash. Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2), 60-71.
Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85-139). Academic Press.
Paende, A., Mewengkang, A., & Batmetan, J. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(5), 715-723.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95-113.
Rorong, R. M., Mewengkang, A., & Komansilan, T. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas X SMA Kristen Kotamobagu. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2), 275-281.













