Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMK N 1 Bitung
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar Siswa, InformatikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung. Sementara itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan dan rekomendasi kepada pihak sekolah mengenai penerapan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan perkembangkan belajar orisinal siswa dalam kerangka pendidikan informatika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain kelompok kontrol yaitu pre-test-post-test dengan metodologi eksperimental. Peserta didik kelas X TKJ SMKN 1 Bitung berperan sebagai partisipan penelitian ini melalui teknik purposive sampling yang terdiri dari 55 siswa dari 2 kelas, yaitu kelas X TKJT 1 27 siswa dan kelas X TKJT 2 28 siswa. Skor rata-rata pasca-tes kelas eksperimen setelah terapi adalah 82,6, dibandingkan dengan skor rata-rata pra-tes mereka yang sebesar 56,2. Pada kelompok kontrol, skor rata-rata pra-tes adalah 57,7, sedangkan skor rata-rata pasca-tes adalah 74,7. Berdasarkan hasil uji, nilai t kelas eksperimen sebesar 4,183, nilai t kelas kontrol sebesar 4,242 > nilai t tabel sebesar 2,04, dan nilai signifikansi uji pertama dan terakhir kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan data tersebut, model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran tradisional pada kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa kelas X TJK I dan X TJK II di SMK Negeri 1 Bitung.