Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMA Negeri 1 Modoinding

Authors

  • Klifito Torondek Universitas Negeri Manado Author
  • Daniel Riano Kaparang Universitas Negeri Manado Author
  • Trudi Komansilan Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

multimedia interaktif, Informatika, MDLC, Articulate Storyline

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Transformasi ini tidak hanya mengubah cara penyampaian materi, tetapi juga mendorong munculnya metode pembelajaran baru yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Informatika materi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas X SMA Negeri 1 Modoinding. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencangkup enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Produk ini berupa aplikasi multimedia berbasis desktop yang memuat informasi materi, konten materi interaktif tentang Microsoft Word, PowerPoint, dan Excel, video pembelajaran, evaluasi interaktif, serta profil pengembang. Hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 96%, dari ahli media sebesar 88%, dan hasil uji pengguna sebesar 95,33%. Dengan distribusi secara online maupun offline, media ini terbukti mendukung pembelajaran Informatika secara lebih efektif, menarik, dan mudah diakses.

References

Alvendri, D., & Effendi, H. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Digital Story Telling Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Unity. Jurnal Vokasi Informatika, 43-52.

Baharuddin, B., & Hatta, H. (2024). Transformasi manajemen pendidikan: Integrasi teknologi dan inovasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7355-7544.

Damayantie, I., Pertiwi, R., & Nugroho, O. F. (2021, March). Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pemilihan warna pada pendekatan steam ditinjau dari psikologi desain. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Djamen, A. C., Rompas, P. T. D., & Ratumbanua, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 65-76.

Firmansyah, M. D., & Nagano, N. (2022). Perancangan dan Pengembangan Simulasi Gerak Hewan Jenis Equidae Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) pada Animasi 3D. Journal of Information System and Technology (JOINT), 3(2), 252-256.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). Media pembelajaran interaktif Articulate Storyline terhadap motivasi belajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 54-64.

Kandouw, F. C., Kaparang, D. R., & Mewengkang, A. (2022). Implementasi aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D di SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 77-89.

Latifah, S., Yuberti, Y., & Agestiana, V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hots menggunakan aplikasi lectora inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 9-16.

Oktaviana, E., & Yudha, C. B. (2022, January). Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran abad ke-21. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 2, pp. 57-64).

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359-373.

Riswandari, N., Yuwita, N., & Setiadi, G. (2021). Pengembangan E-Learning Menggunakan Adobe Animate Creative Cloud dengan Penerapan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 76-92.

Sagita, W., Irsyadunas, I., & Alfiriani, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X TKJ Di SMK Negeri 2 Padang. INFORMATIKA, 11(2), 77-85.

Downloads

Published

2025-10-01