Pengembangan Learning Management System (LMS) Berbasis Web di SD Berea Tondano
Keywords:
Learning Management System, Sistem Informasi, Extreme Programming (XP), Laravel, PHPAbstract
Perkembangan teknologi informasi mendorong institusi pendidikan untuk mengadopsi sistem digital dalam proses pembelajaran. SD Berea Tondano, yang sebelumnya menerapkan sistem pembelajaran konvensional, menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan distribusi materi, pengelolaan data manual, dan minimnya fleksibilitas interaksi guru-siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Learning Management System (LMS) berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SD Berea Tondano. Metode yang digunakan adalah Extreme Programming (XP), dengan tahapan perencanaan, perancangan, pengkodean, pengujian, dan rilis. Sistem ini dikembangkan menggunakan Laravel dan MySQL, dengan fitur utama seperti manajemen data siswa dan guru, distribusi materi, tugas, dan penilaian secara daring. Pengujian dilakukan dengan metode Blackbox Testing serta validasi ahli, yang menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik sesuai kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMS yang dikembangkan mampu meningkatkan efisiensi pembelajaran, memperkuat interaksi antara guru dan siswa, serta mendukung proses belajar yang lebih fleksibel dan terstruktur. Dengan demikian, penerapan LMS berbasis web di SD Berea Tondano dapat menjadi solusi strategis dalam mendukung transformasi digital di lingkungan pendidikan dasar.
References
Aqilah, S., & Himmawan, D. (2025). E-Learning: Evolution, Implementation, and Impact on Educational Transformation. Quality: Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 3(3), 241-250.
Aristejo, A., Fauzi, I., Saepudin, I., & Wahyuningsih, S. (2024). Penerapan Less Code Development Dalam Pengembangan Learning Management System (LMS). Journal of Manufacturing and Enterprise Information System, 2(2), 18-35.
Chandra, Y. I., Irawati, D. R., & Riastuti, M. (2024). Penerapan Model Agile–Extreme Programming (XP) Dalam Membuat Aplikasi Pengenalan Daerah Wisata di Wonogiri Berbasis Web. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 8(1), 91-100.
Hasna, M. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 32-42.
Hidayatulloh, T., & Isnaini, K. N. (2024). Implementasi Metode Agile Extreme Programming Dalam Pengembangan Website Game Berbasis Javascript: Save Me. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 1404-1411.
Jaya, A., Kasmawati, K., Lilianti, L., Rahma, R., & Herlian, H. (2024). Transformasi pendidikan: meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa melalui integrasi model pembelajaran berbasis teknologi. Edum Journal, 7(1), 1-15.
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224-234.
Reppi, H. J., Manggopa, H. K., & Kaparang, D. R. (2025). Pengembangan Sistem Informasi Tata Usaha Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi). Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 945-959.
Watson, W. R., & Watson, S. L. (2007). An argument for clarity: What are learning management systems, what are they not, and what should they become?. TechTrends, 51, 28-34.
Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran daring pada satuan pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82-89.