Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X TJKT

Authors

  • Calvin Josua Kaligis Universitas Negeri Manado Author
  • Daniel Riano Kaparang Universitas Negeri Manado Author
  • Wensi Ronald Lesli Paat Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

E-Modul, Interaktif, Augmented Reality, Informatika, Kelas X TJKT

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan e-modul interaktif berbasis Augmented Reality (AR) untuk mata pelajaran Informatika kelas X TJKT. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa, terutama dalam materi yang bersifat abstrak atau memerlukan visualisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul interaktif yang valid dan praktis, serta efektif dalam mendukung proses belajar mengajar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif berbasis Augmented Reality yang dikembangkan memiliki tingkat validitas dan kepraktisan yang tinggi, serta berpotensi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam memahami materi Informatika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa e-modul AR dapat menjadi solusi inovatif untuk pembelajaran Informatika.

References

Adilla, M. A., & Windriyani, P. (2022). Pengembangan Typing Game sebagai Sarana Melatih Meningkatkan Kecepatan Mengetik Berbasis Desktop. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 8(1), 400-414.

Bahtiar, D., Febrianto, W. J., Maulana, A., Saputra, S., Darmawan, W., Tafonao, R. P., ... & Djutalov, R. (2021). Pengenalan dasar instalasi jaringan komputer menggunakan mikrotik. J. Kreat. Mhs. Inform, 2(3), 507-518.

Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Pengembangan modul IPBA materi sistem bumi-bulan berbasis integrasi sains-Islam. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 126-140.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitan & Pengembangan: Research & Development (Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil).

Jumaidi, H. (2022). Penerapan Teknologi Virtual Reality Pada Aplikasi Mobile Untuk Menyajikan Rancangan Desain Rumah 3 Dimensi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Prayitno, K., Sunardi, S., & Yuliansyah, H. (2024). Implementasi Markerless Location-based dalam Aplikasi Konstruksi Augmented Reality Berbasis Web. Jambura Journal of Informatics, 6(2), 75-88.

Robianto, R., Andrianof, H., & Salim, E. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) pada Perancangan Ebrouchure sebagai Media Promosi Berbasis Android. Jurnal Sains Informatika Terapan, 1(1), 61-66.

Singhal, S., Bagga, S., Goyal, P., & Saxena, V. (2012). Augmented chemistry: Interactive education system. International Journal of Computer Applications, 49(15).

Wonggo, M. A., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2021). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran animasi 2D berbasis mobile untuk siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 402-416.

Wowor, B. M., Wonggo, D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Mobile di SMP Kristen Tondangow. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(6), 843-849.

Wowor, C. E. P., Rianto, I., & Kaparang, D. R. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Informatika di SMA Berbasis Video Interaktif. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 542-554.

Downloads

Published

2025-10-01