Pengaruh Penggunaan Internet Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK N 3 Tondano
Keywords:
Penggunaan Internet, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Pendidikan dijadikan patokan dari kemajuan dan perkembangan suatu bangsa.. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan sudah menjadi keharusan karena dengan menggunakan teknologi memberikan kemudahan untuk mendukung dunia pendidikan. Tujuan Peneltian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan internet dan motiasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X di SMK N 3 Tondano. Jenis penelitian ini yaitu observasional analitik dengan desain cross sectional study yang dilaksanakan pada bulan Juni 2025 di SMK N 3 Tondano dengan jumlah sampel 17. Instrument penelitian yaitu kuesioner yang kemudian data diolah dan dianalisis mengunakan uji Fisher Exact Test dengan menggunakan program computer SPSS. Berdasarkan hasil uji didapatkan nilai signifikan untuk penggunaan internet p=0,044 dan motivasi belajar p=0,036. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubngan antara penggunaan internet dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X di SMK N 3 Tondano. Diharapkan guru dapat meningkatkan motivasi siswa selama proses belajar mengajar dan siswa menanamkan motivasi dalam diri sendiri selama menempuh pendidikan supaya mendapatkan hasil belajar yang baik.
References
Ahmed, R. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Association for Development of the Information Society.
Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The role of serious games, gamification and industry 4.0 tools in the education 4.0 paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120-136.
Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2015). F1 (ppm). Perkembangan Media Informasidan Teknologi Terhadap Perkembangan Anak, 2, 400.
Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran dimasa pandemi. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 93-116.
Ayu, C. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Menara Ilmu, XI(74), 1±6.
Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Maju, 8(2), 502080.
Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian experience: Exploring university students' perspectives for online learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697-719.
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Gamar, M. M., Al Faruq, M. S., & Lina, L. (2018, October). Challenging the Indonesian primary education in industrial revolution 4.0 era. In 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018) (pp. 46-48). Atlantis Press.
Harahap, R. S., & Ely, R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Elementary Education Research, 3(1).
Harmain, H. A., Posangi, S. S., & Datunsolang, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 20-35.
Hasanah, U. (2015). Hubungan lingkungan sekolah dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di Mtsn Amuntai. Jurnal Socius, 4(2).
Hasibuan, M.T.D. (2019). Hubungan stres belajar dengan motivasi belajar pada mahasiswa yang menjalani pendidikan di sekolah tinggi ilmu kesehatan murni teguh. Indonesian Trust Health Journal, vol.2, no.1, Agustus 2019. ISSN p: 2620-5564, e: 2655-1292.
Hasibuan, N. (2023). Upaya menumbuhkan kesiapan belajar siswa melalui penggunaan internet Kelas V di SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Tapanuli Selatan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2).
Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1).
Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98.
Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 242-246.
Mather, M., & Sarkans, A. (2018). Student perceptions of online and face-to-face learning. International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 61-76.
Murni, D. (2022). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa inggris di smkn 3 tanjungpinang. Journal of Maritime Empowerment, 4(2), 48–54
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/ wjit.2019.1.2.4067.
Nasiruddin, F. A. Z., & Basri, S. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 18(2), 1153-1160.
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57-75.
Orgaz, F., Mora, S., & Domínguez, C. M. (2018). Actitud y percepción estudiantil con el uso de la tecnología en la universidad. Propósitos y Representaciones, 6(2), 253-275.
Pilkington, O. A. (2018). Active learning for an online composition classroom: Blogging as an enhancement of online curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 213-226.
Pohan, Y. (2020). Pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan hasil belajar matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(2).
Puspitasari, V. D., Karwanto, K., Sumbawati, M. S., Hariyanti, N., & Roesminingsih, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Internet, Pemanfaatan Laboratorium Komputer, dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Research, 5(3), 2687-2693.
Putri, S. A., & Prakoso, A. F. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Ekonomi dengan Pembelajaran Informal Digital sebagai Variabel Mediasi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 110-125.
Sadirman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Suryaningsih, A. (2020). Dampak media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 1-10.
Traxler, J. (2018). Distance learning—Predictions and possibilities. Education sciences, 8(1), 35.