Hubungan Penggunaan Teknologi Chatbot AI dengan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Jaringan Dasar Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 2 Bitung

Authors

  • Stevano M. G. Lahinda Universitas Negeri Manado Author
  • Verry Ronny Palilingan Universitas Negeri Manado Author
  • Alfrina Mewengkang Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Prestasi Belajar, Teknologi Pendidikan, Teknologi (Chatbot AI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan teknologi Chatbot AI dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran jaringan dasar siswa kelas X TJKT di SMK Negeri 2 Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TJKT SMK Negeri 2 Bitung. Data dikumpulkan melalui kuesioner mengenai intensitas dan pemanfaatan chatbot AI, serta nilai prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan chatbot AI dengan prestasi belajar siswa kelas X TJKT di SMK Negeri 2 Bitung. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan chatbot AI dalam proses belajar dapat berkontribusi pada peningkatan capaian akademik siswa. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar pihak sekolah dan guru dapat mempertimbangkan integrasi chatbot AI sebagai salah satu inovasi media pembelajaran yang efektif untuk mendukung prestasi belajar siswa.

References

Aly, A. H. (2025). Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa: Tantangan dan Kontribusi. Takaza Innovatix Labs.

Farwati, M., Salsabila, I. T., Navira, K. R., & Sutabri, T. (2023). Analisa pengaruh teknologi artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari. Jursima, 11(1), 39-45.

Handoko, D., Saryoko, A., Aghata, F., Yunita, F., Saputro, I. P., Atho'illah, I., ... & Farizy, S. (2024). Artificial Intelligence: Revolusi Kecerdasan Buatan. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).

Kaunang, S. S. M., Rompas, P. T. D., & Daud, M. (2025). Pengaruh Artificial Intelligence (ChatGPT) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMP Katolik Don Bosco Bitung. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 673-686.

Khoerunnisa, A., Umi, M., & Zahratun, S. (2025). PERAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1).

Kusumaningtyas, W. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Pertama. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 2196-2201.

Pedro, F., Subosa, M., Rivas, A., & Valverde, P. (2019). Artificial intelligence in education: Challenges and opportunities for sustainable development.

Russell, S. (2022). Artificial Intelligence and the Problem of Control. Perspectives on digital humanism, 19, 1-322.

Slameto, B., & yang Mempengaruhinya, F. F. (2003). Rineka cipta. Ja-karta, cetakan empat.

Sucianingtyas, R., Falistya, L. R., Pujiana, S., Prayogi, A., & Laksana, S. D. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence (AI) Dalam Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 232-243.

Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1-7.

Downloads

Published

2025-10-01