Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tondano
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Informatika melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tondano. Permasalahan yang diangkat berkaitan dengan rendahnya capaian hasil belajar, kurangnya variasi pendekatan pembelajaran, serta minimnya keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa, dan data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada ketuntasan belajar, dari 37,5% pada pra-siklus menjadi 59,38% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 78,13% pada siklus II. Selain peningkatan hasil belajar, terjadi pula peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi, kemampuan mengemukakan pendapat, serta kerja sama dalam kelompok. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam membangun lingkungan belajar yang aktif, kolaboratif, dan mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai alternatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran Informatika di tingkat SMA.
References
Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi tahap berpikir kreatif matematis melalui penerapan model problem based learning dengan tugas pengajuan masalah. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(2).
Maisaroh, M., & Rostrieningsih, R. (2010). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran active learning tipe quiz team pada mata pelajaran keterampilan dasar komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 7(2), 17197.
Noviati, W. (2023). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19-27.
Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.
Politon, V. C. H., Manoppo, C. T. M., & Waworuntu, J. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Digital Pada Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 542-556.
Salmah, T., Siregar, I., Nola, I. S., & Hartati, T. (2025). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mengubah Tantangan Menjadi Solusi. Jurnal Ta'limuna, 3(1), 63-73.
Soselisa, P. J., Palilingan, V. R., & Djamen, A. C. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Katolik Aquino Amurang. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 889-902.
Sukerteyasa, I. P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Melalui Penerapan Model PBL Pada Materi Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 81-88.
Sumartono, S., & Normalina, N. (2015). Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Suswati, U. (2021). Penerapan problem based learning (PBL) meningkatkan hasil belajar kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127-136.
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 115-123.
Taufiq, A. (2014). Hakikat pendidikan di sekolah dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1-37.