Hubungan Penggunaan Media Sosial dan Perilaku Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Motoling

Authors

  • Joshua Isha Bella Universitas Negeri Manado Author
  • Verry Ronny Pallingan Universitas Negeri Manado Author
  • Alfrina Mewengkang Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Media Sosial, Perilaku Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial dan perilaku belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA N 1 Motoling. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan pelajar yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap proses belajar. Selain itu, perilaku belajar siswa juga menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan akademik mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto dan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian terdiri dari 84 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pihak sekolah, guru, dan orang tua untuk lebih memperhatikan pola penggunaan media sosial serta mendorong perilaku belajar yang positif demi peningkatan prestasi akademik siswa.

References

Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Tedi Purbangkara, S. P., & Ade Abikusna, M. P. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. uwais inspirasi indonesia.

Anjani, B. C., Amelia, J. R., Najib, M. N. A., Abidin, M. Z., Fadlilah, U., & Kusmawati, H. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Untuk Mewujudkan Tujuan Sekolah Di SDIT Al Islam Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Journal on Education, 5(2), 3744-3751.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of computer‐mediated Communication, 13(1), 210-230.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Pabara, A. R., Sumual, H., & Togas, P. V. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Tompaso. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(4), 1056-1064.

Slameto, B. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 182.

Social, W. A. (2023). Hootsuite.(2021). Digital 2021 Global Overview Report. We are Social.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif. Kuantitatif, dan R&D.

Downloads

Published

2025-10-01