Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Skripsi Berbasis Web di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menggunakan Metode Rapid Application Development

Authors

  • Toni Liungan Universitas Negeri Manado Author
  • Olivia Eunike Selvie Liando Universitas Negeri Manado Author
  • Arje Cerullo Djamen Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Sistem informasi, monitoring skripsi, Rapid Application Development, blackbox testing, VAPID

Abstract

Proses monitoring skripsi di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Universitas Negeri Manado masih dilakukan secara manual, menyebabkan kesulitan dalam pelacakan progres, ketidakjelasan batas waktu, dan ketiadaan sistem pengingat otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi monitoring skripsi berbasis web untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) yang meliputi empat tahap: perencanaan kebutuhan, desain pengguna, konstruksi, dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan pengujian fungsionalitas sistem menggunakan metode blackbox testing. Hasil penelitian adalah sebuah sistem informasi fungsional dengan empat hak akses (Super Admin, Operator, Dosen, Mahasiswa) yang dilengkapi fitur utama seperti monitoring progres per bab, bimbingan online, dan notifikasi pengingat otomatis melalui email dan push notification berbasis VAPID. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa seluruh fungsi inti sistem berjalan dengan valid dan sesuai dengan rancangan kebutuhan. Sistem ini berhasil menyediakan solusi digital yang terstruktur untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses monitoring skripsi.

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Skripsi Berbasis Web di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menggunakan Metode Rapid Application Development. (2025). Digita: Informatics, Technology, and Applications, 1(1), 1-14. https://calamus.id/index.php/digita/article/view/1