Pengaruh Penggunaan Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X RPL SMK Negeri 2 Kotamobagu
Keywords:
Video Tutorial, Hasil Belajar, Pembelajaran InformatikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh hasil belajar Informatika dengan menggunakan vidio tutorial pada siswa kelas X RPL SMK Negeri 2 Kotamobagu Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X RPL SMK Negeri 2 Kotamobagu berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL 1 berjumlah 20 siswa adalah kelas eksperiman dan siswa kelas X RPL 2 berjumlah 20 siswa adalah kelas kontrol. Dari hasil pengujian hipotesis berdasarkan uji Independent Sample t-Test pada data postest nilai thitung = 2.139 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.039. Untuk mengetahui nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df = 38 dengan taraf signifikan = 0.05 adalah 2.024. Karena nilai thitung> ttabelĀ (2.139 > 2.024) dan Sig.(2-tailed) 0,039 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Data ini didukung juga oleh data uji normalitas dimana data tersebut berdistribusi normal karena nilai signifikansi post-test kedua kelas > 0,05 dan pada pengujian homogenitas data tersebut homogen karena nilai based on mean 0.421> 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti Terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas X RPL SMK Negeri 2 Kotamobagu yang menggunakan video tutorial dengan siswa yang menggunakan media platform android.