Aims and Scope

Jurnal GuruNesia merupakan media publikasi ilmiah yang berfokus pada pengembangan profesionalisme guru, inovasi pedagogi, dan transformasi pendidikan di Indonesia. Fokus utama jurnal ini mencakup desain kurikulum dan pedagogi transformatif, teknologi dalam pendidikan guru, serta profesionalisme dan etika keguruan. Selain itu, GuruNesia juga menyoroti inovasi berbasis komunitas dan budaya lokal, kepemimpinan guru dalam kebijakan pendidikan, serta isu-isu keadilan sosial dan pendidikan inklusif yang relevan dengan konteks pendidikan nasional.

Ruang lingkup Jurnal GuruNesia turut meliputi kajian psikologi pendidikan, refleksi kritis, dan kesejahteraan (well-being) guru sebagai elemen penting dalam membangun ekosistem pendidikan yang berkelanjutan. Dengan mengusung visi “Menjadi ruang utama bagi narasi baru pendidikan guru Indonesia — yang tidak hanya mengajar, tetapi juga menginspirasi, merevolusi, dan merestorasi wajah pendidikan bangsa,” jurnal ini menjadi wadah bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk berbagi gagasan, riset, dan praktik terbaik demi kemajuan pendidikan yang humanis, inklusif, dan transformatif.

Fokus dan ruang lingkup Jurnal GuruNesia:

  • Desain kurikulum dan pedagogi transformatif

  • Teknologi dalam pendidikan guru

  • Profesionalisme dan etika keguruan

  • Inovasi berbasis komunitas dan budaya lokal

  • Kepemimpinan guru dan kebijakan pendidikan

  • Keadilan sosial dan pendidikan inklusif

  • Psikologi, refleksi kritis, dan well-being guru