Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Teknologi Jaringan di SMK Negeri 3 Tondano

Authors

  • Yanci Yoko Luturmas Universitas Negeri Manado Author
  • Mario Tulenan Parinsi Universitas Negeri Manado Author
  • James R. Sumayku Universitas Negeri Manado Author
  • Kebri Kein Moudy Pajung Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Teknologi Jaringan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa teknologi jaringan di kelas XI SMK Negeri 3 Tondano. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra-eksperimental dengan desain pretest- posttest satu kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek cukup efektif dalam mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Tondano dalam mata pelajaran teknologi jaringan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (81,35) yang diperlakukan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang lebih besar dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen (47,55); Skor rata-rata posttest kelas eksperimen juga lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol (52,15) yang tidak diobati atau diajarkan dengan metode konvensional; pengujian hipotesis melalui uji-t, juga menunjukkan nilai Sig. (Ekor Dua) 0,001 < 0,05, dan nilai tcount adalah 3,761 > ttabel 1,684 pada tingkat signifikansi 0,05 dan df = n-1 (39). Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimental dan kelas kontrol; dan hasil uji N-gain menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain kelas eksperimen.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Teknologi Jaringan di SMK Negeri 3 Tondano. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(1), 21-24. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/100