Pengaruh Digital Skill dan Digital Literacy terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMA N 1 Langowan
Keywords:
Digital Skill, Digital Literacy, Ex Post FactoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pengaruh digital skill dan digital literacy terhadap hasil belajar. Digital Skill mencakup keterampilan praktis seperti penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi baru. Sementara Digital Literacy artinya pemahaman mendalam tentang informasi digital, keterampilan analisis, serta kemampuan untuk mengkritisi dan menggunakan informasi secara efektiv dan etis. Penelitian kali ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. pengambilan data diambil secara acak dari siswa sekolah menengah atas, kemudian data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur Digital Skill dan Digital Literacy terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini mengidentifikasikan pentingnya pengembangan pengembangan Digital Skill dan Digital Literacy siswa dalam menghadapi perkembangan dunia digital khususnya pada sektor pendidikan sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat