Pengaruh Digital Skill dan Digital Literacy terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMA N 1 Langowan

Authors

  • Rivo Pesak Universitas Negeri Manado Author
  • Djami Olii Universitas Negeri Manado Author
  • Keith Francis Ratumbuisang Author
  • Kebri Kein Moudy Pajung Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Digital Skill, Digital Literacy, Ex Post Facto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pengaruh digital skill dan digital literacy terhadap hasil belajar. Digital Skill mencakup keterampilan praktis seperti penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi baru. Sementara Digital Literacy artinya pemahaman mendalam tentang informasi digital, keterampilan analisis, serta kemampuan untuk mengkritisi dan menggunakan informasi secara efektiv dan etis.   Penelitian kali ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. pengambilan data diambil secara acak dari siswa sekolah menengah atas, kemudian data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur Digital Skill dan Digital Literacy terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini mengidentifikasikan pentingnya pengembangan pengembangan Digital Skill dan Digital Literacy siswa  dalam menghadapi perkembangan dunia digital khususnya pada sektor pendidikan sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Digital Skill dan Digital Literacy terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMA N 1 Langowan. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(1), 25-30. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/101