Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual Kelas XI DKV SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Multimedia Pembelajaran Interaktif, DKV, MDLCAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Media pembelajaran yang dikembangkan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menyajikan materi secara menarik melalui elemen visual, audio, dan animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinilai sangat layak digunakan berdasarkan penilaian validator media dan materi. Validator media yang terdiri dari dosen Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi menilai media ini pada aspek kemudahan navigasi, integrasi media, estetika, dan fungsi keseluruhan dengan rata-rata kategori "sangat baik". Sedangkan validator materi, seorang guru DKV, menilai aspek kandungan kognisi dan penyajian informasi juga dengan kategori "sangat baik". Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk mata pelajaran DKV dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Media ini juga dianggap efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar di kelas. Implementasi media ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan interaktif, serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.