Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tondano
Keywords:
PJBL, Hasil Belajar, Desain Komunikasi VisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dalam meningkatkan hasil belajar desain komunikasi visual (DKV) siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Metode penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan 3 jenis tahapan yaitu: observasi, wawancara dan test, Teknik analisis data bertujuan untuk memperoleh bukti kepastian apakah terjadi peningkatan dan atau perubahan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian dilaksanakan di kelas X DKV SMK Negeri 3 Tondano pada mata pelajaran Dasar Desain Komuniasi Visual dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Penelitian ditempuh dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 untuk Penerapan model pembelajaran berbasis proyek disusun berdasarkan langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek. Kriteria keberhasilan/ketuntasan minimal (KKM) di SMK N 3 Tondano pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual untuk kelas X adalah Skor nilai ≥75 dinyatakan tuntas atau berhasil sedangakan Skor nilai ≤75 dinyatakan belum tuntas dan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, pada siklus I dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas ada 11 siswa dengan presentase ketuntasan 44%, sedangkan yang belum tuntas ada 14 siswa dengan presentase 56% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 20 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 80%, sedangkan yanag belum tuntas ada 5 orang dengan presentase 20%. Maka disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat menigkatkan hasil belajar Dasar Desain Komunikasi Visual siswa kelas X DKV SMK Negeri 3 Tondano.