Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Informatika SMK Kristen 3 Tomohon
Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Berbasis Mobile, Pengembangan Multimedia, Pendidikan Informatika, SMK Kristen 3 TomohonAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile untuk mata pelajaran Informatika di SMK Kristen 3 Tomohon, yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan memotivasi belajar dengan konten multimedia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai pendekatan pengembangan. Lokasi penelitian bertempat di SMK Kristen 3 Tomohon, yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Tahapan MDLC meliputi enam tahap, yaitu konseptualisasi, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Pengujian data menggunakan angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa sebagai responden. Data dianalisis melalui skala Likert untuk menilai aspek kesesuaian dan kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinilai sangat layak oleh ahli media (90,52%), ahli materi (94,11%), dan hasil usability testing sebesar 94,1%. Media pembelajaran berbasis aplikasi ini terbukti meningkatkan keterlibatan siswa dengan fitur interaktif seperti video pembelajaran, soal evaluasi bergambar, dan animasi. Selain itu, aplikasi ini kompatibel dengan berbagai perangkat Android, memastikan aksesibilitas yang tinggi bagi siswa. Kesimpulan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa di mana saja dan kapan saja.