Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Tomohon
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran PJBL, Penelitian Tindakan Kelas, InformatikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek atau project based learning pada mata pelajaran Informatika. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus diadakan refleksi agar hasil belajar siswa dapat terlihat. penilaian proses didapatkan dari hasil tes siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon pada Mata Pelajaran Informatika.