Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Remboken
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran PBL, Penelitian Tindakan Kelas, InformatikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Informatika siswa kelas X A SMA Negeri 1 Remboken. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Proses pelaksanaan penelitian meliputi 4 tahapan, yaitu : Perencanaan (planning), Tindakan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus diadakan refleksi agar hasil belajar siswa dapat terlihat. penilaian proses didapatkan dari hasil tes siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X A SMA Negeri 1 Remboken pada Mata Pelajaran Informatika. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa secara berkala pada siklus 1 sebesar 39,39% dan pada siklus II sebesar 84,84%.