Pengaruh Model Project Based Learning berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA N 9 Toraja Utara

Authors

  • Denisa Toya Universitas Negeri Manado Author
  • Johan Reimon Batmetan Universitas Negeri Manado Author
  • Hiskia K. Manggopa Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Project Based Learning, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Metode Eksperimen, TIK, SMAN 9 Toraja Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model Project Based Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa kelas X di SMAN 9 Toraja Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan multimedia interaktif dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen penelitian meliputi tes pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL berbantuan multimedia interaktif secara signifikan ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan perbedaan nilai rata-rata post-test antara kelas eksperimen (85,55) dan kelas kontrol (77,55). Berdasarkan uji-t independen, terdapat perbedaan signifikan (thitung = 5,813 > ttabel = 2,086, α = 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL berbantuan multimedia interaktf efektif dan berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar TIK siswa.

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Model Project Based Learning berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA N 9 Toraja Utara. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(2), 21-29. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/114