Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Informatika di SMA N 2 Langowan
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Informatika, SMA Negeri 2 LangowanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Informatika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kemmis dan McTaggart, yang melibatkan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas X SMA Negeri 2 Langowan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa, observasi kegiatan belajar mengajar, serta wawancara dan refleksi dengan guru. Prosedur penelitian mencakup penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PBL, pengamatan interaksi siswa, dan evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran berbasis masalah ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi Informatika, yang tercermin dari pencapaian nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Temuan ini mendukung pentingnya pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis pengalaman dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.