Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Media Pembelajaran, Desain Komunikasi Visual, MDLCAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan inovasi media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual untuk siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam tahap: konseptualisasi, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada validator media dan materi. Analisis data dilakukan menggunakan skala Likert, menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,80 pada validasi media dan 3,83 pada validasi materi, keduanya dalam kategori "sangat layak". Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat meningkatkan kejelasan materi, kemudahan navigasi, serta daya tarik visual, sehingga mampu mendukung proses pembelajaran secara lebih efektif dan interaktif. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif ini layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran Desain Komunikasi Visual.