Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Jaringan Komputer Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Rivaldi Sumain Universitas Negeri Manado Author
  • Herry Sumual Universitas Negeri Manado Author
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Teknik Jaringan Komputer

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Teknik Jaringan Komputer Siswa Kelas X TJKT SMK N 1 Tondano.. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 1 Tondano, sampel yang diambil yaitu kelas X TJKT 1 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan X TJKT 2 yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing-masing kelas, instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah treatment. Hasil penelitian yang di peroleh adalah terhadap pengaruh positif model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Jaringan Komputer siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 Tondano.

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Jaringan Komputer Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Tondano. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(2), 84-89. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/122