Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Jaringan Komputer Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Teknik Jaringan KomputerAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Teknik Jaringan Komputer Siswa Kelas X TJKT SMK N 1 Tondano.. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 1 Tondano, sampel yang diambil yaitu kelas X TJKT 1 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan X TJKT 2 yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing-masing kelas, instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah treatment. Hasil penelitian yang di peroleh adalah terhadap pengaruh positif model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Jaringan Komputer siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 Tondano.