Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Informatika Kelas X TKJ SMK Kristen Tombatu

Authors

  • Nanda Rolangon Universitas Negeri Manado Author
  • Herry Sumual Universitas Negeri Manado Author
  • Verry Ronny Palilingan Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Hasil Belajar, TPACK, Informatika, TKJ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas X TKJ SMK Kristen Tombatu melalui pendekatan TPACK pada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah  kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 40% atau 5 siswa yang mencapai kriteria, kemudian pada siklus 2 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 80% dengan jumlah siswa yang lulus 12 dari 15 siswa.

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Informatika Kelas X TKJ SMK Kristen Tombatu. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(2), 95-101. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/124