Pengaruh Laboratorium Virtual terhadap Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya

Authors

  • Hestika Nurhasanah Universitas Negeri Manado Author
  • Verry Ronny Palilingan Universitas Negeri Manado Author
  • Peggy Veronica Togas Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Laboratorium Virtual, Cisco Pocket Tracer, Hasil Belajar, Pembelajaran Jaringan, SMK TKJ

Abstract

Pembelajaran praktik penting bagi siswa SMK TKJ dalam memahami jaringan komputer, namun keterbatasan laboratorium fisik sering menjadi kendala. Penelitian ini menganalisis pengaruh Laboratorium Virtual berbasis Cisco Packet Tracer terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Mopuya. Menggunakan metode quasi-experiment dengan desain Nonequivalent Control Group, penelitian ini membandingkan kelas eksperimen yang menggunakan Laboratorium Virtual dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil uji-t menunjukkan pengaruh signifikan Laboratorium Virtual terhadap peningkatan hasil belajar (Sig. 0,001 < 0,05). Ini membuktikan bahwa Laboratorium Virtual dapat menjadi solusi alternatif bagi sekolah dengan keterbatasan fasilitas praktik.

Downloads

Published

2025-09-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Laboratorium Virtual terhadap Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(3), 1-6. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/137