Pengaruh Laboratorium Virtual terhadap Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya
Keywords:
Laboratorium Virtual, Cisco Pocket Tracer, Hasil Belajar, Pembelajaran Jaringan, SMK TKJAbstract
Pembelajaran praktik penting bagi siswa SMK TKJ dalam memahami jaringan komputer, namun keterbatasan laboratorium fisik sering menjadi kendala. Penelitian ini menganalisis pengaruh Laboratorium Virtual berbasis Cisco Packet Tracer terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Mopuya. Menggunakan metode quasi-experiment dengan desain Nonequivalent Control Group, penelitian ini membandingkan kelas eksperimen yang menggunakan Laboratorium Virtual dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil uji-t menunjukkan pengaruh signifikan Laboratorium Virtual terhadap peningkatan hasil belajar (Sig. 0,001 < 0,05). Ini membuktikan bahwa Laboratorium Virtual dapat menjadi solusi alternatif bagi sekolah dengan keterbatasan fasilitas praktik.