Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar, SMK, KorelasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tondano. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 225 siswa kelas XI, dan pengumpulan data dilakukan selama bulan Maret hingga April tahun ajaran 2024/2025. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson Product Moment untuk menguji hubungan antara dua variabel bebas (media pembelajaran dan minat belajar) dengan hasil belajar, serta analisis regresi ganda untuk melihat pengaruh simultan kedua variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar (r = 0,659, sig. < 0,05), serta antara minat belajar terhadap hasil belajar (r = 0,758, sig. < 0,05). Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 57,6% terhadap hasil belajar siswa (F = 9,218, sig. < 0,05), sementara 42,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini menegaskan bahwa efektivitas penggunaan media pembelajaran dan peningkatan minat belajar siswa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan akademik.