Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bahasa Inggris Anak Sekolah Dasar dengan Menerapkan Gamifikasi berbasis Android

Authors

  • Christian Porong Universitas Negeri Manado Author
  • Daniel Riano Kaparang Universitas Negeri Manado Author
  • Keith Francis Ratumbuisang Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Game Edukasi, Quickapp Ninja, GDLC

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang membutuhkan contoh-contoh media pembelajaran berbasis game edukasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di era moderen. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa game edukasi “Things At School“. Media pembelajaran berupa game edukasi ini dibuat dengan menggunakan platform quickapp ninja. Penelitian ini menggunakan model pengemangan (GDLC). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa game edukasi bahasa inggris dasar pada sekolah dasar kelas lima lebih khususnya berfokus pada materi “Things at Classroom” dan “Things Around School” yang mengandung teks, audio, dan gambar. Berdasarkan dari hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media pembelajaran yaitu dosen yang mendapatkan nilai penilaian rata-rata 9,5 dengan kategori “sangat baik” dan pengujian materi yang diuji oleh ahli materi yaitu guru sekolah dasar yang mendapatkan nilai penilaian rata-tara 9 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian media pembelajaran berupa game edukasi bahasa inggris “Thing At School” yang dibuat peneliti layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa inggris kelas lima.

Downloads

Published

2025-09-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bahasa Inggris Anak Sekolah Dasar dengan Menerapkan Gamifikasi berbasis Android. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(3), 92-97. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/151