Pengembangan Aplikasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Buntao’
Keywords:
Media Pembelajaran, Multimedia Development Life CycleAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk aplikasi pembelajaran dan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk aplikasi pembelajaran untuk digunakan pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Buntao’ khususnya pada materi dampak sosial informatika. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki enam tahapan pengembangan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengujian pada aplikasi pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengujian fungsional, compatibility, dan usability. Pengujian fungsional yang dilakukkan oleh validator ahli media diperoleh 88% dan oleh validator materi diperoleh 92% dengan kriteria kelayakan produk “Sangat Valid” dan “Sangat Layak”, sedangkan untuk pengujian usabilitas diperoleh skor 89% dengan kriteria kelayakan produk “Sangat Valid” dan “Sangat Layak”. Pengujian kompatibilitas pada beberapa smartphone android berjalan dengan baik. Setelah melakukan testing maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran ini telah layak untuk digunakan untuk mengajarkan mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Buntao’