Pengembangan Aplikasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Buntao’

Authors

  • Trisa Layuk Universitas Negeri Manado Author
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Universitas Negeri Manado Author
  • Hiskia Kamang Manggopa Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk aplikasi pembelajaran dan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk aplikasi pembelajaran untuk digunakan pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Buntao’ khususnya pada materi dampak sosial informatika. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki enam tahapan pengembangan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengujian pada aplikasi pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengujian fungsional, compatibility, dan usability. Pengujian fungsional yang dilakukkan oleh validator ahli media diperoleh 88% dan oleh validator materi diperoleh 92% dengan kriteria kelayakan produk “Sangat Valid” dan “Sangat Layak”, sedangkan untuk pengujian usabilitas diperoleh skor 89% dengan kriteria kelayakan produk “Sangat Valid” dan “Sangat Layak”. Pengujian kompatibilitas pada beberapa smartphone android berjalan dengan baik. Setelah melakukan testing maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran ini telah layak untuk digunakan untuk mengajarkan mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Buntao’

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Aplikasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Buntao’. (2025). Journal of Education Method and Technology: JEMTech, 3(1), 1-9. https://calamus.id/index.php/jemtech/article/view/94